Senin, 07 Januari 2013

E-Tailing ?

Diposting oleh Dian Karunia di 21.08



Sebenarnya retail itu apa sih? Lalu bagaimana dengan e-tailing? Kali ini saya akan membahas tentang E-Tailing, model E-tailing dan faktor apa saja yang mendukung keberhasilan suatu e-tailing.

Retail adalah suatu perantara penjualan, seorang penjual yang beroperasi antar pelanggan dan pabrikan. Bahasa mudahnya ialah eceran. Sedangkan e-tailing (Electronic Retailing) ialah pemanfaatan e-commerce untuk keperluan membuat toko eceran. E-tailing bisa diartikan retailing yang diselengarakan secara on-line dengan internet.

E-tailing saat ini sangat marak berkat inspirasi dari kisah sukses www.amazon.com. Sejak didirikan pada bulan Juli 1995, Amazon yang pertama kali didirikan dan dioperasikan oleh Jeffrey Bezos telah menjadi toko maya terbesar di dunia.

Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins, yaitu :
1. Chanel Support
Adalah usaha-usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan beberapa pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada. Contohnya : mirip toko kelontong
2. Category Killer
Adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu macam produk saja. Contohnya: Home Depot (home improvement), Toys R Us (mainan anak-anak), dan lain-lain.
3. Auctioner
Dikenal sebagai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online.
Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran).
4. Vertical Portal
Bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan. Contoh pelaku bisnis ini dapat ditemukan di www.pikenet.com

Lalu bagaimanakah sebuah e-tailing ini bisa berhasil? Terdapat beberapa faktor yang dapat mendukung keberhasilan sebuah e-tailing, diantaranya :

1. Pemilihan dan Nilai 
Produk terpilih dan menarik,harga bersaing, jaminan kepuasan dan layanan pelanggan setelah penjualan.
2. Penampilan dan rasa 
Tampilan web yang menarik, website yang menampilkan area berbelanja, adanya katalog multimedia produk, dan adanya petunjuk berbelanja.
3.  Iklan dan Peransang
adanya iklan dengan target tertentu dan e-mail promosi, potongan harga dan pesanan khusus, iklan pada halaman web terkait.
4. Perhatian Pribadi  
Halaman website pribadi, rekomendasi tentang produk yang diselaraskan dengan kebutuhan pribadi, iklan melalui web dan pesan melalui e-mail, dan dukungan interaktif untuk semua pelanggan.
5. Hubungan Masyarakat  
masyarakat pelanggan (maya) perusahaan, para penyalur, wakil perusahaan, dan orang lain melalui newsgroup, ruang bercakap-cakap, dan kaitan ke website terkait lainnya.
6.Keamanan dan Keandalan 
Keamanan tentang informasi dan transaksinya melalui website, informasi produk yang terpecaya, dan pemenuhan pesanan dapat dipercaya.

oleh : Dian Karunia Wirowardoyo ( NIM: 1401139893, 05 PBY)
ref :
- blog
blog1  


0 komentar:

Posting Komentar

 

Keep Calm and Carry On Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos